Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Pilih Foke karena Lebih Paham Jakarta

Kompas.com - 09/03/2012, 16:22 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Gerakan Indonesia Raya akhirnya memilih untuk menjagokan gubernur petahana Fauzi Bowo dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta periode 2012-2017. Pemilihan Fauzi Bowo sebagai bakal calon gubernur ini didasarkan pada pengalaman dan pengetahuan Fauzi soal penataan Ibu Kota.

Partai Gerindra sebelumnya sempat memberikan dukungan kepada Nono Sampono, tokoh yang pernah dijagokan pula oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Namun, karena Nono lebih memilih bergabung bersama koalisi Golkar, PPP dan Partai Damai Sejahtera (PDS), Gerindra terpaksa mengalihkan perhatiannya ke calon lain. Calon lain itu adalah Foke, sapaan untuk Fauzi Bowo, yang telah memimpin Jakarta selama hampir lima tahun.

Menurut Gerindra, Foke masih layak untuk menjadi DKI-1 karena sosoknya sudah memahami seluk-beluk Jakarta. Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik menegaskan bahwa untuk pilkada DKI Jakarta 2012, partainya akan memihak pada Foke. Gerindra juga akan melakukan pendekatan politik kepada Foke sesegera mungkin. "Dalam satu hari ini, kami akan segera menjalin komunikasi dengan Foke," kata Taufik dalam jumpa pers di Kantor DPD Partai Gerindra, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Taufik mengatakan, di antara tiga nama yang menjadi kandidat kuat sebagai bakal cagub, yakni Foke, Alex Noerdin, dan Triwisaksana, nama Foke lebih menonjol karena sudah mengerti benar dengan permasalahan Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com