Sabtu, 1 November 2014

News / Megapolitan

Gerindra Sodorkan Calon Pendamping Foke

Jumat, 9 Maret 2012 | 18:21 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, Gerindra mengalihkan dukungan kepada Fauzi Bowo sebagai calon gubernur setelah gagal menjagokan Nono Sampono. Partai berlambang kepala burung garuda ini juga menyiapkan bakal calon wakil gubernur untuk disandingkan dengan Fauzi Bowo.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, M. Taufik, mengatakan bahwa pihaknya siap dengan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta dari kader internalnya. Bahkan ia menyatakan bahwa Gerindra tidak kekurangan kader-kader untuk maju memimpin Jakarta.

"Benar. Kami sudah siapkan. Untuk wagub, kami sudah menunjuk Sanusi," kata Taufik saat jumpa pers di Kantor DPD Partai Gerindra, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Selain aktif di partai, Sanusi saat ini diketahui menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Untuk itu, ia yakin bahwa sosok Sanusi mampu melengkapi Fauzi Bowo dalam memimpin ibu kota.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa nama bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta tersebut merupakan usulan dari partainya. Sehingga nanti jika berkoalisi dan partainya diminta untuk mengajukan bakal calon wakil gubernur maka pihaknya sudah siap.

"Jadi saat diminta, kami tinggal ajukan nama. Tapi jika tidak juga tidak apa," ujar Taufik.

Seandainya bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta yang diajukan Gerindra tidak diterima oleh partai koalisi, ia tetap menegaskan bahwa dukungan pada Fauzi Bowo tetap akan berlanjut pada Pilkada DKI Jakarta 2012 ini.

"Tidak masalah. Kami hanya sekedar menyiapkan dan mengusulkan. Kalau tidak pun, kami tetap dukung Foke," tandasnya.

Nama Foke saat ini santer dijagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrat. Namun, Foke masih harus menunggu karena saat ini, Demokrat juga memiliki calon lainnya yakni Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Tri Wahono