Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Bekasi Dieksekusi Kamis Ini

Kompas.com - 12/03/2012, 10:07 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bekasi Mochtar Muhamad kemungkinan besar bakal dieksekusi dalam minggu ini. Hal itu adalah ujung dari putusan Mahkamah Agung yang membatalkan putusan bebas Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung.

"Kemungkinan besar hari Kamis (15/3/2012) minggu ini. Kami mengharapkan Pak Mochtar mau bekerja sama sehingga tidak perlu diambil tindakan lain," kata Ketut Sumadhana, salah satu tim jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang ditemui di Bandung, Senin (12/3/2012).

Mochtar diputus bebas oleh hakim Pengadilan Tipikor Bandung yang diketuai Azharyadi pada 11 Oktober 2011. Dalam putusannya, hakim berpendapat bahwa Mochtar tidak terbukti mengadakan kegiatan fiktif, penyuapan kepada anggota DPRD untuk memuluskan pengesahan APBD, suap Rp 300 juta untuk tim Adipura, dan suap kepada anggota BPK perwakilan Jawa Barat sebesar Rp 400 juta.

Menurut Ketut, seluruh dakwaan yang digugurkan oleh Pengadilan Tipikor Bandung ternyata dianggap terbukti oleh hakim di MA. Begitu pula soal uang pengganti yang harus dibayarkan sebesar Rp 639 juta pun sesuai tuntutan jaksa.

Untuk itu, dia mengharap Mochtar menghormati keputusan MA yang membatalkan vonis bebas yang diterima. "Sama halnya kami yang kemarin menghormati vonis bebasnya," kata Ketut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com