Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajan dan Panci Pun Dibawa Demo

Kompas.com - 12/03/2012, 11:19 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jawa Barat, Senin (12/3/2012), berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM dengan membawa peralatan dapur seperti wajan, panci, kompor dan kayu bakar.

"Alat-alat dapur ini merupakan simbol bahwa kenaikan harga BBM akan berdampak pada kenaikan harga sembako. Ibu-ibu nantinya akan semakin pusing dengan kenaikan BBM nanti," kata Ketua Umum KAMMI Jawa Barat Muhammad Ilyas, di sela aksinya, di depan Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin.

Dalam aksinya, massa mendemonstrasikan adegan memasak dengan menggunakan tungku dan kayu bakar tepat di depan pintu masuk utama Gedung Sate Bandung.

Menurut Ilyas, rencana pemerintah untuk untuk menaikkan harga BBM dianggap keterlaluan dan sangat tidak pro rakyat. "Kenaikan ini tentunya akan berdampak besar pada kesejahteraan rakyat di seluruh negeri ini," kata Ilyas.

Ia menuturkan, kenaikan BBM ini juga akan memicu inflasi dan menjadi akar permasalahan-permasalahan lainnya. "Dampak yang paling sederhana dari kenaikan BBM ialah naiknya harga-harga sembako, yang nantinya akan melemahkan daya beli masyarakat kita," ujar dia.

Dikatakannya, kenaikan harga BBM ini tentunya akan dirasakan oleh para pelaku industri. "Bukan sebuah kemungkinan lagi, kalau nantinya akan ada ribuan buruh yang di-PHK. Ini akan menjadi awal dari permasalahan sosial lainnya," kata Ilyas.

Oleh karena itu, atas dasar pemikran tersebut, KAMMI Jawa Barat, kata Ilyas, meminta agar pemerintah memikirkan kembali rencana kenaikan harga bahar bakar minyak (BBM). Selain membawa alat-alat dapur, massa juga membawa beberapa spanduk bertuliskan penolakan terhadap kenaikan BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com