Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Bakal Cagub-Cawagub DKI Bisa Daftarkan Diri!

Kompas.com - 13/03/2012, 14:12 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 resmi dibuka, Selasa (13/3/2012). Pendaftaran ini akan dibuka selama sepekan hingga Senin (19/3/2012) mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Juri Ardiantoro mengatakan, terhitung sejak hari ini, para calon baik dari jalur independen mau pun yang diusung partai politik dapat mulai mendaftarkan diri di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat.

"Bagi yang ingin mendaftar kami persilakan datang langsung ke KPU dari tanggal 13-19 Maret," kata Juri, di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Selasa (13/3/2012).

Ia menjelaskan, untuk calon independen, syarat dukungan tetap harus dipenuhi. Bakal calon tidak hanya sekadar mendaftar dan menyerahkan dokumen yang diwajibkan saja seperti ijazah, surat keterangan dari PPS, nomor rekening, surat dari pengadilan bahwa tidak pailit, surat daftar tim sukses sampai tingkat kecamatan, surat kelakuan baik, berita acara verifikasi dari tingkat kelurahan sampai kota, dan surat kesediaan mengundurkan diri dari PNS.

"Itu harus dipenuhi paling lambat sebelum pendaftaran ditutup tanggal 19 Maret," ujar Juri.

Sementara, bagi pasangan calon yang diusung partai politik harus melampirkan surat dari partai politik yang mendukungnya. Seluruh persyaratan juga harus dilengkapi sebelum tanggal 19 Maret 2012. Seluruh berkas pasangan calon akan diverifikasi kembali mulai 24 April hinga 7 Mei 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com