Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Ingin Jokowi Jadi Cagub DKI

Kompas.com - 15/03/2012, 21:28 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Gerindra kemungkinan besar mencalonkan Wali Kota Solo Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Adapun pendamping Jokowi bisa dari internal Partai Gerindra atau eksternal.

"Pak Prabowo (Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra) hampir pasti ingin menetapkan Jokowi menjadi cagub DKI," kata Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra di Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Muzani mengatakan, komunikasi pihaknya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belakangan ini intensif membicarakan pengusungan itu. Pasalnya, Jokowi adalah kader PDI-P dan Gerindra membutuhkan koalisi lantaran kursi di DPRD tak cukup untuk mengusung cagub dan cawagub sendiri.

Muzani menjelaskan, pihaknya memandang positif Jokowi jika melihat kinerjanya selama menjabat Wali Kota Solo. "Dia termasuk yang kreatif sehingga kotanya hidup. Solo bisa menjadi kunjungan wisata dan dia bisa mengatur transportasi di Solo. Hal seperti ini perlu dibawa ke Jakarta," katanya.

Muzani menambahkan, pihaknya akan mengambil sikap akhir dalam satu atau dua hari kedepan. "Senin, kan, kita harus mendaftarkan," pungkas dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya memiliki dua opsi yang tengah dibahas. Pertama, PDI-P mengusung Fauzi Bowo alias Foke sebagai cagub. Ada pun cawagub dari kader PDI-P. Atau cagub dari PDI-P dan cawagub dari partai lain.

"Kalau Foke enggak mau, yah kita punya opsi lain. Soal wakil, yah kita bisa lihat dengan Gerindra atau yang lain," ucap Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com