Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Ahok Ramaikan Pilkada DKI

Kompas.com - 16/03/2012, 10:52 WIB
Sutta Dharmasaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertarungan dalam pemilihan gebernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan semakin seru. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berencana mengajak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengusung duet Joko Widodo, biasa disapa Jokowi, dengan Basuki Tjahya Purnama atau yang dikenal dengan sebutan Ahok.

Jokowi adalah wali kota sukses di Solo, sedangkan Ahok adalah anggota DPR yang juga mantan Bupati Belitung yang juga sukses.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan adanya rencana itu. Menurut Muzani, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto bahkan telah bertemu dengan Ahok.

Ketika dikonfirmasi soal ini, Jumat (16/3/2012) pagi, Ahok pun membenarkan adanya permintaan itu. "Saya mengiyakan asal memasangkan saya dengan Jokowi. Saya hanya mau berduet dengan Pak Jokowi," kata Ahok.

Menurut Ahok, Jokowi yang kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu sudah teruji bersih, transparan, dan juga profesional mengelola pemerintahan.

Dengan adanya duet Jokowi-Ahok ini, bursa pasangan calon gubernur dan wagub makin ramai. Nama-nama duet yang sudah dibicarakan luas di publik antara lain adalah Fauzi Bowo/Nachrawi Ramli (Demokrat)-Triwisaksana (PKS), Fauzi/Nachrawi (Demokrat)-Adang Ruchiatna (PDI-P), Alex Noerdin-Nono Sampono (Golkar, PPP, PDS), serta dari jalur perseorangan Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Soepandji-A Riza Patria.

Sebelumnya beredar informasi bahwa PDI-P sudah merapat ke Fauzi Bowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com