Jumat, 19 Desember 2014

News / Megapolitan

Ahok: Saya Klop dengan Jokowi

Jumat, 16 Maret 2012 | 22:29 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Basuki Cahaya Purnama tiba-tiba menyeruak di pilkada DKI Jakarta. Hal itu terjadi setelah Partai Gerindra menyebut namanya sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Joko Widodo atau Jokowi.

Menanggapi kabar tersebut, pria yang akrab disapa Ahok ini mengaku telah merasa cocok dengan Jokowi. "Kata orang saya klop dengan Jokowi. Saya juga merasa klop dengan Pak Jokowi," kata Ahok saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (16/3/2012) malam.

Ahok membenarkan adanya dukungan untuk mengusung dirinya berpasangan dengan Jokowi. Namun, konfirmasi resmi baru diperoleh dari Partai Gerindra. Sedangkan dari PDIP yang kemungkinan besar menjadi mitra koalisi Gerindra dalam pilkada DKI Jakarta belum didapatkan kepastian.

"Sebenarnya sudah ada pertemuan Pak Prabowo dan Ibu Megawati. Mereka setuju mengusung kami. Tapi, Bu Mega masih harus menyampaikan dalam rapat pleno PDIP," jelas Ahok.

Ahok memaklumi apa yang disebutkan Megawati. Pasalnya, Ketua Umum PDIP itu harus mengikuti mekanisme partainya dan tidak dapat memutuskan sendiri apa yang menjadi pilihannya.

Ahok juga menyatakan sudah sempat berbicara cukup lama dengan Jokowi. Dari pembicaraan tersebut ia merasa memiliki satu visi dengan Wali Kota Solo itu. "Kami sempat berdiskusi cukup lama, sekitar empat jam. Saya merasa cocok dengan Pak Jokowi," terang mantan Bupati Belitung itu.

Anggota DPR RI ini sebelumnya sempat memasuki bursa bakal calon melalui jalur independen. Namun namanya sempat lama tak terdengar. Saat pendaftaran calon independen dibuka pun, namanya tidak muncul. Informasi tentang pengusungan pasangan Jokowi-Ahok pertama kali disampaikan Ahmad Muzani, Sekjen Partai Gerindra.

Ahmad menyebutkan nama pasangan tersebut setelah adanya pembicaraan antara Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kemarin.


Penulis: Imanuel More
Editor : I Made Asdhiana