Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar dari Golkar, Ahok Resmi Jadi Anggota Gerindra

Kompas.com - 19/03/2012, 16:48 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akhirnya resmi bersanding dengan Joko Widodo sebagai pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra. Terkait statusnya sebagai anggota Partai Golkar, Ahok menyatakan telah resmi mengajukan pengunduran diri.

"Anda lihat, sekarang saya memegang kartu anggota Gerindra. Saya sudah menjadi anggota Gerindra," kata Ahok dalam jumpa pers deklarasi pasangan calon di Kantor DPD PDI-P DKI Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2012).

Ahok menjelaskan, ia telah mengajukan pengunduran diri dari Partai Golkar. Penyampaian kepada pimpinan Golkar itu sudah dilakukannya pagi tadi. "Tinggal menunggu prosesnya di Golkar," lanjut Ahok.

Pemutusan nama Ahok sebagai calon pendamping Jokowi dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta berlangsung cukup alot. Nama Ahok diusung oleh Partai Gerindra sebagai bakal calon wakil gubernur.

Sementara itu, PDI-P pun sudah menyiapkan sejumlah kadernya untuk diusung sebagai bakal cawagub. Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo menyebutkan, nama Ahok dipilih setelah melalui rapat maraton antara pimpinan kedua partai dan beberapa partai pendukung, di antaranya PBR, PNI Marhaenis, dan Partai Pelopor. Keputusan baru diambil siang ini, sebelum dilakukannya deklarasi pasangan calon.

Ahok adalah tokoh muda yang saat ini menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar. Sebelumnya, ia menjabat Bupati Belitung Timur. Namanya dikenal sebagai pejabat pemerintahan maupun anggota DPR yang berintegritas dan bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com