Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilempari Batu, Kapolres Diamankan Polwan

Kompas.com - 21/03/2012, 15:55 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com- Saat bentrok pecah antara mahasiswa pengunjuk rasa dan polisi, puluhan polisi dan wartawan mengamankan diri. Saat itulah, Kepala Kepolisian Resor Kota Medan Komisaris Besar Monang Situmorang dibantu oleh dua polisi wanita untuk mangamankan diri.

Daman bentrokan itu dua polisi dan belasan mahasiswa. Baju seragam Kapolresta pun basah terkena semprotan water canon. Pada saat yang sama, batu-batu melayang dari kubu mahasiswa maupun polisi.

"Ayo Pak, sini, sini...! Awas bapak terluka," kata seorang polwan sambil menarik lenngan kiri Kapolresta Medan Kombes Monang Situmorang. Dua polwan lainnya berlarian di samping Monang hendak melindunginya.

Monang yang saat itu didampingi ajudannya Brigadir Suerdi terus berlari menjauhi kerumunan. "Aku tidak apa-apa. Tenang-tenang saja kalian," kata Monang sambil mencoba menghubungi seseorang dari telepon genggamnya.

Kapolresta Medan kemudian memberi komando kepada anak buahnya untuk mengendalikan suasana. "Tolong hubungi Brimob. Amankan mahasiswa-mahasiswa itu!" perintah Monang yang langsung diiyakan anak buahnya.

Selang 15 menit kemudian, belasan anggota Brigade Mobil datang dengan mengendarai sepeda motor. Mereka lantas membantu polsi lainnya mengjar para mahasiswa.

 

Kapolresta Medan Monang Situmorang (tengah) digandeng seorang polwan yang mencoba mengamankannya dari lemparan batu saat unjuk rasa ricuh di halama gedung DPRD SUmatera Utara, Medan, Rabu (21/32012). Unjuk rasa berakhir ricuh karena mahasiswa dihalanagi polisi saat hendak memasuki halaman gedung DPRD Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com