Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada DKI Jakarta 2012 Pemanasan Menuju Pilpres 2014

Kompas.com - 23/03/2012, 06:17 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Peta politik yang muncul pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 seakan menunjukkan peta politik yang mungkin terjadi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Hal ini disampaikan Direktur Sabang Merauke Circle, Syahganda Nainggolan, pada diskusi di Jakarta Media Centre, Kamis (22/3/2012).

"Pilkada DKI Jakarta 2012 ini awal dari pertarungan pada 2014 nanti," kata Syahganda.

Hal ini jelas terlihat, lanjutnya, dengan adanya campur tangan besar para elite politik, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Prabowo, dan Hatta Rajasa. Bahkan, diketahui nama-nama di atas juga merupakan tokoh-tokoh penting pengambil keputusan di badan partai masing-masing.

"Jadi ini pertarungan untuk persiapan 2014 dan di sini dibuat sebagai ajang latihannya," ujar Syahganda.

Menurutnya, koalisi politik yang dilakukan saat ini juga menunjukkan alur politik saat 2014 nanti. Bahkan, ada beberapa tokoh yang diturunkan untuk Pilkada DKI ini digadang-gadang akan menjadi calon presiden pada Pemilu 2014.

"Seperti Hidayat Nur Wahid yang sebetulnya dipersiapkan untuk capres, atau cawapres untuk mendampingi orang lain. Jadi sebetulnya tokoh-tokoh besar semua yang diturunkan untuk Jakarta ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com