Minggu, 21 Desember 2014

News / Megapolitan

Tomcat di Bekasi Jaya, Dulu Malah Lebih Banyak

Jumat, 23 Maret 2012 | 19:51 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak hanya di Jawa Timur, serangan tomcat kini juga dilaporkan terjadi di dekat Ibu Kota Jakarta. Misalnya di Rumah Susun (Rusunawa) Bekasi Jaya, di Jalan Raya Baru Underpass, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Namun, bagi penghuni Rusun Bekasi Jaya, serangan tomcat rupanya bukan sesuatu yang baru dan mengagetkan.

"Dari dulu mah tomcat udah banyak, tapi namanya bukan tomcat, cuma serangga-serangga aja bilangnya. Sekarang aja namanya jadi keren," ujar Wawan, penghuni di Rusunawa Bekasi Jaya, Jumat (23/3/2012).

Wawan yang sejak 2011 tinggal di rusun tersebut mengatakan, penyebab banyaknya tomcat kemungkinan berasal dari rawa-rawa yang kini sudah beralih menjadi perumahan.

"Menurut saya sih, tomcat udah lama ada di sini. Karena dulu kan di samping ini rawa kangkung. Sekarang dibangun perumahan," imbuh Wawan.

Ia mengatakan, serangan tomcat malah lebih banyak terjadi sebelum banyak perumahan di sana. Sekarang, saat rawa sudah berubah jadi perumahan, serangan tomcat malah sudah tidak sebanyak dulu.

Hal yang sama terlontar dari petugas satuan pengamanan (satpam) rusunawa, Rahman. "Dulu banyak rawa, jadi tomcat-nya banyak. Sekarang mah ada, cuma jarang, biasanya pas musim hujan aja di tempat yang lembab-lembab," jelas Rahman.

Rusun Bekasi Jaya ada di pinggir Jalan Raya Baru Underpass Bekasi Timur dan dikelilingi oleh ilalang yang cukup tinggi serta jejeran pohon pisang yang berada di belakang rusunawa. Di bagian kanan rusunawa dibangun perumahan yang menurut warga dulu merupakan rawa kangkung. (Theresia Felisiani)


Editor : Tri Wahono
Sumber: