Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri: "Semua Rusak Karena Korupsi"

Kompas.com - 24/03/2012, 10:21 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta jalur independen Faisal Basri Batubara mengungkapkan, hal terpenting untuk mengatasi segala permasalahan Jakarta adalah faktor kepribadian pemimpinnya.

"Semua rusak karena korupsi. Calon partai kayaknya takut banget ngomongin korupsi. Busway ini kenapa nggak ditambah-tambah, karena waktu mau ditambah dulu ketahuan, mark up melulu, enggak jadi-jadilah," ujarnya dalam acara diskusi 'Jakarta Punya Cerita' di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (24/3/2012).

Ekonom asal Universitas Indonesia tersebut memberikan contoh pada pemerintahan sebelum periode sekarang. Faisal mengatakan, pengambil kebijakan di DKI Jakarta juga tidak memiliki prioritas dalam membereskan masalah kemacetan.

"Bohong sekali kalau APBD tidak cukup beli Transjakarta. Bangun jalan layang bisa Rp 14 triliun, tapi beli bus yang cuma Rp 1 triliun enggak bisa. Ini mau melayani cukong, apa mau melayani rakyat," kata Faisal.

Faisal menuding faktor kepribadian pemimpin yang korup sebagai akar segala masalah di DKI Jakarta. Hal tersebut menumpuk hingga sekarang.

"Rencana apapun, kalau nuraninya korup, ya enggak bisa," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com