Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Jokowi Orasi Tolak Kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 26/03/2012, 12:48 WIB
M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dengan masih berbaju dinas, meluangkan waktu datang ke lokasi unjuk rasa penolakan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak, yang berlangsung hanya 150 meter dari gedung Balaikota, tempatnya berkantor.

Tak hanya menyaksikan demo, Hadi, yang belakangan lebih sibuk setelah sang Wali Kota Joko Widodo alias Jokowi memilih menjadi calon gubernur DKI Jakarta, pun sempat menyampaikan orasi. Hadi menegaskan turut menolak kenaikan harga BBM. "Aksi menolak BBM diharapkan tidak menjadi ajang mencari popularitas, dan kami yakin kenaikan BBM akan menyengsarakan rakyat," katanya di depan massa aksi, Senin (26/3/2012).

Unjuk rasa ini pun diwarnai dengan aksi pembakar boneka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pembakaran terjadi di depan kantor Bank Indonesia di Jalan Sudirman, Solo. Massa gabungan dari massa buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, BEM mahasiswa, dan elemen masyarakat sebelumnya melakukan aksi teatrikal dan long march dari Bundaran Gladag dan Ngarsopura menuju Gedung Bank Indonesia.

Boneka dari jerami dengan foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung dibakar massa seusai aksi teatrikal. Hujatan dan kecaman terhadap pemerintah pun terus berlangsung. Peserta aksi menolak tegas kenaikan harga BBM yang rencananya akan bergulir pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com