Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Apel di Gasibu, Polisi di Gedung Sate

Kompas.com - 27/03/2012, 09:37 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Menjelang unjuk rasa besar-besaran menolak kenaikan harga BBM bersubsidi di Gedung Sate, tempat tersebut dipakai apel siaga oleh TNI dan Polri. Selama hal itu berlangsung daerah tersebut dipenuhi kendaraan dari dua instansi tersebut.

Lapangan Gasibu dipakai untuk lokasi apel garnisun yang dihadiri 2.800 personel TNI AD yang tergabung dalam Garnisun Tetap II. Sementara itu, polisi juga menggelar apel siaga di halaman Gedung Sate yang diikuti sekitar 2.000 orang personel.

TNI AD lebih dahulu merampungkan apel di Gasibu, tetapi hal tersebut menyebabkan Jalan Diponegoro yang diapit dua tempat itu harus ditutup. Seluruh badan jalan juga dipenuhi kendaraan yang parkir mulai mobil dinas hingga truk pengangkut prajurit.

Pangli Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja menjelaskan bahwa apel tersebut hanyalah rutinitas tiga bulanan. Tidak ada penekanan khusus mengenai kabar kenaikan harga BBM. Selain meningkatkan kesiapsiagaan prajurit, juga membina komunikasi dengan para komandan.

"TNI hanya akan turun bila ada dinamika di lapangan. Untuk sementara, kami hanya akan mengamankan obyek vital seperti depo Pertamina maupun SPBU," ujar Sonny.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Abdul Rakhman Baso menjelaskan bahwa sebanyak 2.000 personel akan diturunkan untuk pengamanan Gedung Sate. Sisanya sebanyak 2.000 orang akan disebar untuk pengamanan obyek vital, pengaturan lalu lintas, dan antisipasi lainnya.

Hingga berita diturunkan, pengunjuk rasa sudah berdatangan sewaktu rombongan TNI AD meninggalkan Gedung Sate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com