Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Mahasiswa Ditembak dari Jarak Satu Meter

Kompas.com - 27/03/2012, 15:14 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Saat bentrokan terjadi di Makassar, Selasa (27/3/2012), seorang mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang diketahui bernama Deco, terkena tembakan gas air mata. Beruntung, Deco hanya menderita luka memar di perutnya. Luka yang dideritanya lalu diperlihatkan ke Rektor yang sedang bernegosiasi dengan Kapolrestabes Makassar, Kombes (Pol) Erwin.

Menurut Deco, ia ditembak oleh polisi dengan jarak satu meter. "Ini luka memar di perutku, karena tembakan gas air mata polisi. Untungnya gas air mata, kalau peluru karet ato tajam sudah tembus. Karena hanya satu meter jaraknya ditembakkan," keluh Deco kepada Kapolrestabes Makassar.

Sementara itu, bentrokan mereda setelah pihak Rektorat UNM keluar dari kampus dan berusaha menenangkan mahasiswa. Sementara itu, Erwin memerintahkan personelnya mundur. Negosiasi ini berjalan lancar.  Sesaat bentrokan terhenti, di mana pihak Rektorat meminta mahasiswa tenang. Demikian pula dengan Kapolrestabes meminta ratusan personelnya dan kendaraan anti huru hara serta water canon menjauh dari kampus.

Tidak lama kemudian, mahasiswa terpancing dengan rombongan patroli motor Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar yang berada dari arah selatan mengarah ke arah mahasiswa. Spontan mahasiswa terpancing, namun lagi-lagi Rektor bisa menenangkan mahasiswanya.

Saat berita ini diturunkan, situasi di depan UNM mulai normal. Hanya terlihat, ratusan mahasiswa berjaga-jaga ditemani rektornya. Sementara itu, aparat kepolisian kembali ke pos nya yang terletak di jembatan layang, Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com