Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konami Kelompok Terakhir Demo Istana

Kompas.com - 27/03/2012, 16:26 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) menjadi kelompok terakhir yang melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka Jakarta, Selasa (27/3/2011). Menghadapi kelompok mahasiswa ini, aparat keamanan melakukan sweeping atau  pemeriksaan.

"Kami akan melakukan sweeping sebelum mereka diizinkan masuk kawasan Medan Merdeka Utara," kata Wakapolda Metro Jaya Brigadir Jenderal Suhardi Alius di depan Istana Presiden.

Sweeping dilakukan untuk mencegah kemungkinan ikut dibawanya barang-barang berbahaya dalam aksi ini, di antaranya senjata tajam. Langkah ini berbeda dengan tindakan yang dilakukan kepada ribuan pengunjuk rasa yang telah melakukan aksi sebelumnya. Pihak keamanan sendiri menyatakan langkah antisipasi ini diambil dengan mempertimbangkan kemungkinan bentrok fisik yang kerap terjadi dalam unjuk rasa kelompok mahasiswa.

Sweeping akan dilakukan saat massa Konami memasuki kawasan silang Monas. Kelompok mahasiswa ini diperkirakan berjumlah 600 orang. Sebanyak 8.200 personel keamanan saat ini berada di kawasan sekitar Istana untuk mengamankan aksi unjuk rasa. Sejauh ini unjuk rasa yang dilakukan massa dari PDIP dan Partai Bulan Bintang (PBB) berlangsung tertib.

"Sejauh ini masih aman, aman," kata Suhardi.

Menurut laporan pihak kepolisian, situasi di depan Gedung DPR telah mulai sepi dari aksi unjuk rasa. Kondisi sejumlah fasilitas umum yang dikhawatirkan akan terganggu dalam aksi hari ini juga masih tetap aman hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com