Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Tutup Jalan di Depan Gedung DPR

Kompas.com - 27/03/2012, 16:38 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kembali terjadi di depan gedung DPR/MPR pada Selasa (27/3/2012) siang. Kali ini, massa berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Batavia. Kelompok ini terdiri dari Himpunan Mahasiswa Islam dan Universitas Jayabaya. Jumlah peserta demo sekitar 100 orang. Mereka mendatangi halaman gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Kedatangan para mahasiswa yang turun dari sebuah bus itu sempat mengganggu arus lalu lintas. Mereka berjalan dari kolong jembatan Senayan secara berbanjar menutup semua ruas jalan menuju depan gedung DPR. Para mahasiswa yang membentangkan spanduk tuntutan "BBM Naik, SBY turun" ini sempat mencoret jalan dengan menggunakan piloks dengan pesan serupa.

Saat tiba di depan gedung DPR, sekitar 100 orang ini langsung luber kembali menutup jalan, termasuk jalur bus transjakarta. Mahasiswa juga sempat menghadang mobil Metro TV yang sedang melintas. Seorang di antaranya bahkan sempat menaiki mobil Metro TV sambil mengibarkan bendera Universitas Jayabaya. Di dalam tuntutannya, mereka meminta aspirasi untuk tidak menaikkan harga BBM didengar.

"Kami tidak akan anarkis. Tapi macetkan saja se-Jakarta agar tuntutan kami para mahasiswa supaya didengar para elite, kami tidak akan anarkis," kata salah seorang koordinator aksi.

Aksi mahasiswa dengan cepat dihadang aparat kepolisian dan pasukan antihuru-hara. Setelah berdialog sekitar lima menit, massa akhirnya menurut dan memberikan ruang dua ruas jalan, termasuk jalur bus transjakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com