Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Bus Disiapkan untuk Angkutan Terintegrasi Busway

Kompas.com - 28/03/2012, 14:56 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 15 bus disiapkan untuk menjalankan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) rute pertama jurusan Pulo Gadung-Bekasi yang berjarak sepanjang 20,10 kilometer. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan, saat ini pihaknya menyediakan 15 bus untuk rute pertama ini. Nantinya pihaknya akan terus memantau pengoperasian APTB rute pertama yang diresmikan pada Rabu (28/3/2012) ini.

"Jika minat masyarakat baik dan terus meningkat maka akan ditambah lagi armadanya. Tidak hanya 15 bus saja," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat meresmikan pengoperasian APTB di Pool Hiba, Cakung, Jakarta, Rabu.

Rute pertama ini nantinya akan melintas dari Terminal Pulo Gadung-Jalan Raya Bekasi-masuk Tol Cakung-Tol JORR-Tol Cikampek-keluar Tol Bekasi Barat-Jalan Cut Mutia-Terminal Bekasi. Sementara untuk rute dua, yaitu jurusan Kampung Rambutan-Bekasi, busnya sampai saat ini masih dalam tahap penyelesaian. Meski sekaligus diresmikan pada hari ini, rute dua ini tidak langsung beroperasi karena masih menunggu kesiapan bus.

"Tapi dalam waktu dekat rute dua ini akan segera beroperasi untuk masyarakat. Rute dua ini lebih panjang daripada rute pertama," kata Foke.

Rute kedua ini akan melintasi jalur sepanjang 24 kilometer dengan lintasan Terminal Kampung Rambutan-masuk Tol Kampung Rambutan-Tol JORR-Tol Cikampek-keluar Tol Bekasi Timur-Jalan Joyomartono-Jalan Ir H Juanda-Terminal Bekasi.

"Dengan adanya angkutan ini, diharapkan dapat mengurai kemacetan dan mempermudah akses dari Bekasi ke Jakarta," kata Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com