Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Kenaikan BBM, KSPSI Demo Kamis dan Jumat

Kompas.com - 29/03/2012, 10:11 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk menyatakan sikap penolakan terhadap rencana pemerintah menaikkan harga BBM 1 April mendatang, kelompok buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( KSPSI), Kamis (29/3/2012), turun ke jalan melakukan aksi demo. Aksi akan disentralisasi di depan Gedung DPR.

'Rencana semula aksi gabungan kami akan dilakukan bersama dua konfederasi serikat pekerja lainnya hari ini. Namun, ternyata Sidang Paripurna DPR yang memutuskan jadi atau tidaknya kenaikan harga BBM ditunda besok, Jumat, maka mereka menundanya besok melakukan aksi bersamaan dengan Sidang Paripurna DPR tersebut," ujar Presiden KSPSI Andi Gandi Nene Wea.

Menurut putera mantan Menteri Tenaga Kerja di era Presiden Megawati Soekarnoputri Jacob Nuwa Wea itu, aksi demo yang akan dilakukan KSPSI akan dilakukan dua kali. "Hari ini dan besok. Kalau besok gabungan bersama dua konfederasi lainnya," tambah Andi.

Andi mengatakan, kekuataan massanya pada hari ini mencapai sekitar 6.000 orang, yang tergabung dengan kelompok buruh lainnya di Jabodetabek, yang menjadi afiliasi dari KSPSI.

"Besok, bersama dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), kami akan turun dengan kekuatan yang sama," lanjut Andi.

Bisa dibayangkan berapa jumlah massa besok yang akan menjubeli depan gedung DPR jika tiga konfederasi buruh ini bergabung menolak kenaikan harga BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com