Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa FUI Gelar Shalat di Depan Istana

Kompas.com - 30/03/2012, 16:39 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Ummat Islam (FUI) menggelar shalat Azhar bersama begitu tiba di depan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/3/2012) sore. Shalat ini melibatkan ribuan orang yang berasal dari organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam dan beberapa organisasi lain yang tergabung di dalam FUI.

Sebelumnya, FUI menggelar aksi penolakan kenaikan harga BBM di Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai pukul 13.00 WIB. Dua jam kemudian mereka memulai arak-arakan dengan berjalan kaki dan berkonvoi kendaraan menuju kawasan Monas. Gangguan lalu lintas terjadi saat rombongan massa memasuki kawasan Jalan Medan Merdeka Barat.

Selain menggunakan seluruh badan Jalan Medan Merdeka Barat arah Harmoni, massa aksi juga menggunakan sebagian besar badan jalan dari arah berlawanan. Alhasil, kendaraan dari arah Harmoni dan Jalan Medan Merdeka Utara yang sebelumnya melaju lancar langsung berubah kocar-kacir. Masing-masing kendaraan berupaya mencari sela-sela jalan yang tersisa akibat terhadang massa.

Arak-arakan massa dalam jumlah mencapai belasan ribu itu baru selesai seluruhnya menjelang pukul 16.00 WIB. Sebagai akibatnya, shalat berjamaah pun terpaksa ditunda beberapa saat menanti seluruh massa berkumpul di sekitar gerbang timur laut Monas. Lantaran jumlah massa yang cukup besar, aparat keamanan terpaksa menutup ruas jalan dari arah Jalan Medan Merdeka Utara menuju Jalan Medan Merdeka Barat.

Massa aksi sendiri berasal dari Fron Pembela Islam (FPI), Majelis Mujahiddin Indonesia, Laskar Pembela Islam (LPI), Komite Penegakan Syari'at Islam, Persatuan Pondok Pesantren Se-Indonesia, dan massa sejumlah partai politik berbasis Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com