Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earth Hour, Kaum Muda Harus Perhatikan Gaya Hidup

Kompas.com - 30/03/2012, 16:45 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Earth Hour akan dirayakan Sabtu (31/3/2012) di 26 kota di Indonesia. Masyarakat diminta mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak diperlukan mulai pukul 20.30-21.30.

Di sejumlah perayaan Earth Hour yang dikoordinasi oleh WWF Indonesia, komunitas yang terdiri dari kaum muda banyak terlibat. Ini menandai kesadaran kaum muda tentang gaya hidup hijau dan hemat energi.

Namun demikian, menurut Verena Puspawardani, Verena Puspawardani, Koordinator Kampanye Iklim dan Energi WWF Indonesia, secara umum, gaya hidup kaum muda belum mencerminkan apa yang diperjuangkan.

"Kalau kita lihat dari gaya hidupnya, banyak yang sebenarnya belum begitu efisien," kata Verena saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/3/2012).

Gaya hidup yang tak ramah lingkungan dan inefisien bisa dilihat dari pilihan transportasi yang digunakan, pola konsumsi serta penggunaan gadget.

Momen Eaarth Hour menjadi kesempatan bagi kaum muda untuk melihat lagi gaya hidupnya. menurut Verena, ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara sederhana.

"Misalnya dalam penggunaan gadget, sekarang anak muda banyak memakai. Bisa dimulai jika baterai sudah penuh, alat charge bisa langsung dicabut," jelas Verena.

Cara lain adalah menghemat konsumsi air, mengurangi konsumsi plastik saat belanja, melilih moda transportasi umum serta memakai sepeda atau berjalan kaki dalam jarak dekat.

Verena menuturkan, "Perbaikan pada anak muda ini peranannya penting karena akan menentukan gaya hidup sampai mereka tua. Apa yang dilakukan anak muda bisa menuai hal positif ke depan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com