Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lokasi Jakarta yang Akan Padam Selama Earth Hour

Kompas.com - 31/03/2012, 05:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perayaan Earth Hour untuk keempat kalinya digelar di Indonesia. Tahun ini, perayaan akan jatuh pada Sabtu (31/3/2012). Masyarakat diminta mematikan lampu dan alat listrik yang tak diperlukan pada pukul 20.30-21.30.

Earth Hour bertujuan membangkitkan kesadaran hemat energi dalam kaitannya dengan mengurangi emisi gas rumas kaca. Perayaan ini pertama kali digelar di Sydney pada tahun 2007.

Terkait dengan perayaan Earth Hour tahun ini, sejumlah titik di Jakarta akan dipadamkan. Berdasarkan informasi dari WWF Indonesia, lokasi yang akan dipadamkan adalah:

1. Gedung Balaikota Provinsi DKI Jakarta
2. Monas dan air mancurnya
3. Air Mancur Arjuna Wiwaha
4. Patung Pemuda
5. Lampu sepanjang Jalan Jenderal Sudirman
6. Lampu sepanjang Jalan Gatot Subroto dan Jalan HR Rasuna Said
7. Lampu papan reklame milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Rencananya, pemadaman juga akan dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia. Namun, terkait dengan kondisi keamanan dan demonstrasi yang berlangsung, pemadaman di lokasi tersebut dibatalkan.

Perayaan Earth Hour kali ini bertema "Ini Aksiku! Mana Aksimu?". Tujuannya adalah mengajak sebanyak mungkin kalangan berperan serta dalam perayaan ini.

Jumlah kota yang terlibat meningkat dari 7 kota pada tahun lalu menjadi 26 kota pada tahun ini. Sejumlah komunitas turut pula meramaikan perayaan di berbagai kota.

Jangan lupa, padamkan lampu dan peralatan listrik yang tak diperlukan di rumah Anda pukul 20.30-21.30. Komunikasikan pentingnya hemat energi. Setelahnya, lanjutkan menjadi gaya hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com