Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baju Kotak-kotak Warna-warni Jokowi

Kompas.com - 31/03/2012, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Jokowi punya busana khusus tiap kali menghadapi peristiwa besar dalam hidupnya. Saat pertama maju sebagai Wali Kota Solo, dia mengenakan jaket yang dikenakannya tiap hari. Saat maju kembali untuk kedua kalinya sebagai Wali Kota Solo, Jokowi memilih baju batik motif godong kates. Nah, untuk busana maju ke pemilihan gubernur DKI Jakarta, lelaki bernama lengkap Joko Widodo ini memilih mengenakan busana kotak-kotak warna-warni.

"Saya mulai memakai baju motif ini tiap hari sejak mendaftar sebagai calon gubernur DKI 21 Maret lalu," ujar Joko kepada awak Kompas.com, Sabtu (3132012) pagi, di lantai 5 Gedung Kompas Gramedia.

Saat ditanya mengapa dirinya memilih baju kotak-kotak warna-warni, lelaki Solo ini mengatakan, warna-warni adalah simbol keberagaman warga Jakarta. "Lengan baju yang saya gulung ini juga ada maknanya. Ini artinya kita harus siap bekerja," tambah Joko.

Menurut Jokowi, baju kotak-kotak itu dia beli dari Pasar Tanah Abang yang berharga Rp 400.000 untuk tiga potong. "Tapi kemarin setelah kami produksi sendiri di Solo, harganya bisa lebih murah. Rencananya, kami akan menjual baju-baju ini kepada pendukung kami untuk menambah biaya kampanye."

"Maklum, saya enggak punya bandar (sponsor) yang kuat untuk ngongkosi kampanye. Bandar saya adalah masyarakat yang setuju dengan program-program kami," tutup Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com