Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: BBM Subsidi Bakal Langka Setelah Agustus

Kompas.com - 01/04/2012, 11:11 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memperkirakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai sulit didapat setelah Agustus mendatang karena pasokan yang terbatas akibat penundaan kenaikan harga.

"Kalau tidak jadi naik, maka BBM bersubsidi akan terjadi pembatasan dan saya kira akan habis pada Agustus, sehingga masyarakat akan mengalami kesulitan pada September-Desember," katanya saat menyampaikan paparan kepada mahasiswa di Gedung Robotika ITS Surabaya, Sabtu (31/3/2012).

Ia menjelaskan, anggaran untuk subsidi BBM hanya Rp132 triliun dan dana sebanyak itu akan habis pada Agustus mendatang sehingga selama bulan September hingga Desember pasokan BBM bersubsidi bisa jadi sudah tidak tersedia. "Jadi, kita akan kesulitan akibat pembatasan itu dan masyarakat sendiri akan mengalami kesulitan dengan adanya pembatasan itu. Ya, ini merupakan urusan politik, ada yang bilang terkait 2014," katanya.

Terkait hal tersebut, mantan Dirut PT PLN ini berharap mahasiswa ITS bisa membuat inovasi untuk membantu masyarakat agar tidak mengalami kesulitan. "Waktunya tidak sampai Agustus, kalian harus bisa menciptakan alat mirip smart card yang terhubung dengan reader dan berisi database pemiliknya, nomer kendaraannya, dan jatah BBM bersubsidi untuknya," kata dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com