Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Mampu Angkut 25.500 Penumpang

Kompas.com - 02/04/2012, 13:12 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan yang terjadi di Jakarta tidak lepas dari kurangnya transportasi massal yang mampu mengangkut banyak penumpang. Mass Rapid Transit (MRT) tahap pertama jurusan Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia yang akan segera dibangun ini menargetkan dapat mengangkut sekitar 25.500 penumpang.

Kepala Divisi Sipil dan Struktur PT MRT Jakarta, Heru Nugroho, mengatakan, pihaknya menyiapkan 17 rangkaian kereta untuk operasional MRT tahap pertama ini. Satu rangkaian MRT yang terdiri dari enam unit kereta ini mampu mengangkut hingga 1.500 penumpang. "Jadi jika terdapat 17 rangkaian dan satu rangkaian mampu angkut 1.500 penumpang. Maka ditargetkan 25.500 penumpang dapat terangkut," kata Heru, di Jakarta, Senin (2/4/2012).

Pengadaan rangkaian kereta ini, lanjutnya, akan dilakukan setelah pembangunan stasiun dan jalur MRT berjalan. Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan tahap lelang untuk segera melaksanakan pembangunan stasiun dan jalur MRT. "Sampai saat masih tahap lelang untuk pembangunan stasiun dan jalur MRT," jelas Heru.

Nantinya jalur MRT tahap pertama yang terbentang dari Lebak Bulus ke Jalan Sisingamangaraja akan memiliki tujuh stasiun dengan konstruksi jalan layang. Kemudian dari Jalan Sisingamangaraja ke Bundaran HI akan ada enam stasiun dengan konstruksi bawah tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com