Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri dan Gayanya yang Bersahaja

Kompas.com - 02/04/2012, 16:58 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak orang mengubah penampilannya ketika lingkungan ataupun zaman menuntutnya untuk tampil dengan gaya yang relevan. Menjadi pejabat, misalnya, kerap membuat penampilan seseorang berubah untuk menimbulkan citra positif atas jabatan yang diembannya.

Hal yang menjadi perhatian orang itu tak berlaku bagi Faisal Basri Batubara. Bakal calon gubernur DKI Jakarta dari jalur independen ini lebih suka berpenampilan seperti yang biasa ia lakukan selama ini. Bisa dibilang, Faisal hampir tak pernah mengganti gaya berpakaiannya.

"Saya kan dari dulu memang begini, pakai sandal, bawa ransel, bawa minum ke mana-mana. Bawa chopstick (sumpit), kalau makan mi ayam, chopstick-nya supaya enggak dibuang," ujarnya kepada Kompas.com seusai menghadiri silahturahim dengan Persatuan Wartawan Indonesia di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2012).

Ekonom asal Universitas Indonesia ini tampak nyaman sekali mengenakan kemeja putih atau biru, bercelana krem, dan hanya memakai sepatu sandal kulit berwarna senada dengan celananya. Faisal tak khawatir bila gayanya yang bersahaja ini akan berimbas menurunkan wibawanya di depan publik.

"Ada yang bilang begitu, sih. Tapi ada dua pandangan dalam tim kami, berkelahi saja mereka. Bang Faisal harus apa adanya, tapi ada lagi yang bilang saya harus berubah," ujarnya.

Kaki petani

Gaya berpakaian seperti itu tidak dibuat-buat. Bagi Faisal, sandal lebih nyaman digunakan ketimbang sepatu karena sandal lebih "bersahabat" dengan bentuk kakinya. "Kaki saya tuh sakit, kalau tulang ini kena sedikit saja, sakit sampai kepala. Enggak tahulah konstruksi kaki petani," candanya.

Ada lagi yang membuat Faisal tampil sederhana. Ia kerap membawa sumpit dan botol minum dari rumahnya sebagai bekal di perjalanan. Ini sudah biasa dilakukannya untuk menjaga kelestarian lingkungan. "Kalau bicara tentang kebersihan, ya, kita mulai dari diri sendiri. Di Jakarta ini plastik itu enggak dipajakin. Di seluruh dunia sudah dipajakin karena merusak lingkungan," katanya.

Apakah ia akan tetap mempertahankan gaya khasnya tersebut jika nanti terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta? Dengan lugas Faisal menjawab, sebisa mungkin tetap mempertahankan gaya ini. "Kalau boleh ya," ujarnya sambil tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com