Senin, 1 September 2014

News / Megapolitan

Kecelakaan Lalu-lintas

Diderek, Kopaja Lepas dan Menabrak Lagi

Selasa, 3 April 2012 | 18:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Peristiwa naas yang terjadi akibat tabrakan dua Kopaja di Jalan Buncit Raya, Jakarta Selatan, terus berlanjut.

Tak diduga-duga, salah satu mobil derek yang membawa salah satu dari dua bus Kopaja P20, tiba-tiba lepas kendali menabrak pembatas busway. Bus kopaja yang sedang di derek dan terkait di belakang mobil derek tersebut, terlepas dan meluncur ke jalan.

Mobil derek dengan nomor polisi 1021-VII tersebut, menyeruduk pembatas jalan dan melintang di tengah jalur busway. Mobil derek menyangkut di beton pembatas jalur busway, dan melintang menutup dua jalur busway Koridor VI, baik dari arah Buncit menuju Kuningan maupun sebaliknya.

Sementara itu bus kopaja P20 bernomor polisi B 7400 DG yang sedang ditarik, terlepas dan meluncur ke tengah jalan dan menyeruduk sepeda motor Honda Supra yang sedang berhenti di depan warung padang Bintang Pauh.

Motor tersebut tampak ringsek. Stang motor menjuntai tercopot dari tubuh motor, ban belakang patah menjadi beberapa bagian, dan bagian sisi kanan motor hancur.

Kejadian itu hanya berjarak 400 meter dari lokasi kecelakaan kedua Kopaja, di seberang RS JMC.

Pengendara sepeda motor Honda Supra selamat, karena segera melompat sehingga terhindar dari bahaya. "Saya lagi mau muter balik. Saya lihat itu derek jalannya ugal-ugalan. Cepat sekali kejadiannya, sambungan Kopaja putus, lalu mau tabrak motor saya. Saya langsung lari," kata Syafeii Hasani (24), warga buncit, pengendara motor Supra X bernomor polisi B 5710 IJ.

Syafeii dibantu warga sekitar, menuntut agar mendapat pengantian motor yang telah rusak saat itu juga. Mereka meminta mendapat pengantian uang kontan sebesar Rp 5.000.000.

Salah seorang yang mengaku sebagai komandan regu derek, namun enggan disebutkan namanya menyatakan akan menganti motor yang rusak. 

Sementara kondisi mobil derek, tampak bagian roda kiri depan kempes. Mobil derek menyangkut di beton-beton pembatas jalur busway sehingga tidak bisa langsung dipindahkan.

Mobil derek itu pun menabrak rambu lalu-lintas hingga roboh, dan melintang di tengah jalur busway. Peristiwa terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

Gara-gara jalur busway tertutyp, bus transjakarta bernomor polisi B 74421 IX terjebak, tidak bisa melaju di jalur itu. Busway Koridor XI pada kedua arah tidak dapat dilalui. Sekitar 30 menit kemudian, sebuah derek lainnya berhasil mengevakuasi derek yang mengalami kecelakaan.

Busway Koridor XI dari arah Buncit ke Kuningan dapat melaju kembali. Namun arah sebaliknya dari Buncit ke Lenteng Agung sempat tertutup reruntuhan beton pembatas jalan yang rusak. Arus bus Transjakarta dialihkan ke jalan umum.


Penulis: Lasti Kurnia
Editor : Agus Mulyadi