Sabtu, 19 April 2014

News / Megapolitan

Pintu Air Katulampa Masuk Siaga III

Selasa, 3 April 2012 | 19:54 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan dengan intensitas tinggi di Bogor mengakibatkan pintu air Katulampa masuk siaga III. Padahal sore tadi, kondisi pintu air Katulampa terpantau aman dengan situasi cuaca gerimis.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, dengan kondisi cuaca saat ini, pihaknya akan terus memantau kondisi pintu air dan daerah-daerah yang rawan banjir.

"Kami terus pantau ketinggian pintu air dan segera mengirimkan peringatan dini bagi titik-titik rawan banjir," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balaikota, Jakarta, Selasa (3/4/2012).

Ketinggian muka air saat ini mencapai 120 sentimeter dengan kondisi cuaca hujan. Batas normal ketinggian Katulampa sendiri di bawah angka 80 sentimeter.

Sementara rentang ketinggian muka air pada posisi siaga III antara 80-150 sentimeter. Dengan ketinggian Katulampa saat ini, diperkirakan banjir kiriman akan sampai di Jakarta pada pukul 04.00 WIB.

Beberapa daerah yang berpotensi terkena dampak banjir kiriman adalah kawasan Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus Cawang, Bukit Duri, Kampung Baru, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Sementara itu untuk pintu air Angke Hulu, saat ini masih siaga II dengan ketinggian 260 sentimeter. Air diperkirakan akan sampai di Jakarta kurang lebih lima jam dari sekarang.

Lokasi yang berpotensi banjir akibat kiriman ini adalah Duri Kosambi, Rawa Buaya, Green Garden, Cengkareng dan Kedoya.

Ia juga sudah menginstruksikan para aparat di kawasan tersebut untuk mempersiapkan posko dapur umum, posko kesehatan dan juga memberikan informasi kepada masyarakat.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Benny N Joewono