Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Pulo Banjir Lagi

Kompas.com - 04/04/2012, 10:55 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir akibat luapan volume air kali Ciliwung kembali terjadi di wilayah RW 02 dan 03 Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Akibat dari peristiwa rutin tersebut, aktivitas warga pun menjadi terganggu.

Daya (40), warga sekaligus korban karena rumahnya ikut digenangi air setinggi 1 meter, mengungkapkan, banjir mulai menggenangi wilayah permukimannya sejak Selasa (3/4/2012). "Tapi sekitar pukul 13.00 WIB siang udah surut, naik lagi pukul 03.00 WIB dini hari tadi," ujarnya saat ditemui Kompas.com di lokasi, Rabu (4/4/2012).

Namun, Daya mengungkapkan, sebelumnya telah ada pemberitahuan dari perangkat RT setempat. Oleh sebab itu, warga sudah berjaga-jaga sebelumnya dengan memindahkan barang berharga ke tempat yang lebih tinggi. "Ya sorenya udah dikasih tau, motor-motor sih sudah stand by diungsiin ke atas," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ketinggian air maksimal mencapai 2 meter. Para orang dewasa tampak berkumpul di pos-pos permukimannya, sedangkan anak-anak kecil tampak riang gembira berkubang di luapan air berwarna coklat tersebut.

Meski ketinggian air yang cukup mengkawatirkan, warga menganggap hal itu biasa terjadi. Oleh sebab itu, mereka tidak mengungsi ke pos yang telah disediakan oleh pemda, dan lebih memilih menempati lantai dua rumah masing-masing.

Sejak dilanda banjir, warga mengaku belum mendapatkan bantuan apa pun, termasuk bantuan makanan. "Belum ada bantuan apa-apa, katanya sih semalam gubernur dateng, enggak tau deh jadi atau enggak," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com