Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saluran Pembuangan Air Ditutup, Griya Sutera Langganan Banjir

Kompas.com - 04/04/2012, 15:45 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Penutupan saluran pembuangan air oleh pengembang lain mengakibatkan warga Perumahan Griya Sutera, Alam Sutera, Paku Alam, Kota Tangerang Selatan menjadi langganan banjir. Selasa (3/4) sore hingga Rabu (4/4) dini hari, air kembali menggenangi kawasan perumahan itu.

Namun, air masuk dalam rumah di atas pukul 19.00. "Kami hanya memiliki satu saluran pembuangan air, terletak di belakang perumahan ini. Sejak pembangunan perumahan di belakang kami terbangun, saluran air kami ditutup. Sejak itu, tahun 2008, perumahan kami menjadi langganan banjir," kata Yoga Sampurna, Ketua RW 06, di kawasan perumahan itu, Rabu.

Menurut Yoga, dalam setahun genangan air terjadi di kawasan ini sampai 5 kali. "Genangan air terparah baru kali ini. Biasanya air menggenangi sampai halaman rumah. Akan tetapi, semalam, air sudah masuk dalam rumah setinggi 10 sampai 15 sentimeter," kata Yoga yang sudah menempati rumahnya sejak tahun 2007.

Pengelola perumahan itu, PT Alam Sutera Tbk membantu evakuasi warga dengan mengerahkan dua perahu karet. Bantuan perahu karet juga datang dari warga. Warga sempat mengungsi ke masjid. Setelah air mulai surut, mereka kembali ke rumah masing-masing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com