Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kampung Pulo Resahkan Pemetaan Lahan

Kompas.com - 05/04/2012, 14:36 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemetaan lahan yang dilakukan aparat pemerintahan meresahkan warga Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Pasalnya, mereka tidak pernah diberitahu maksud pemetaan tersebut.

"Pengukuran-pengukuran seperti ini sebenarnya harus disosialisasikan. Biar warga pada tahu apa tujuannya," kata Hasnah, warga RT 11 RW 03 Kampung Pulo, Jakarta Selatan, Kamis (5/4/2012).

Keresahan disebabkan adanya isu yang berkembang di antara warga yang menyebutkan akan adanya pembebasan lahan. Warga berharap jika pembebasan lahan yang menjadi tujuan pemetaan, hal itu perlu disosialisasikan.

"Supaya kami bisa siap-siap kalau memang harus pindah," kata Hasnah.

Dia menjelaskan, pengukuran lahan sudah dilakukan beberapa kali. Namun, setiap kali datang ke lokasi permukiman warga, para petugas enggan berkomunikasi dengan warga. Hal inilah yang menyebabkan berkembangnya isu tak sedap di kalangan warga.

"Kami sudah nanya tapi petugasnya nggak pernah jawab," kata Hasnah.

Beberapa lokasi di Kampung Pulo, terutama di RW 03, termasuk daerah rawan banjir. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan pembangunan tanggul di lokasi tersebut. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan normalisasi aliran Kali Krukut yang kerap meluap lantaran sempitnya alur sungai di daerah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com