Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nono: Gubernur Tak Cukup Bersih dan Jujur Saja

Kompas.com - 05/04/2012, 18:12 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin-Nono Sampono, menargetkan mampu membuat Jakarta aman dan tenteram dalam waktu setahun. Nono optimistis mampu mewujudkan janji itu dengan gaya kepemimpinan keduanya.

"Latar belakang saya militer dan Pak Alex pernah dua kali jadi bupati dan jadi Gubernur Sumatera Selatan. Pengalaman kami memimpin saya kira cukup untuk itu," kata Nono saat bertemu dengan jajaran redaksi Kompas dan Kompas.com, Senin (2/4/2012).

Ia pun mengatakan bahwa memimpin Jakarta diperlukan seorang pemimpin yang tidak hanya pintar, tetapi juga mampu memosisikan diri sebagai sahabat dan bapak. Pemimpin harus bisa mengayomi warganya, merasakan sakit penderitaannya, sekaligus bisa bersikap tegas manakala ada pelanggaran terjadi.

Secara tersirat, Nono menyindir gaya kepemimpinan pesaingnya yang menonjolkan karakter jujur, bersih, dan sederhana. "Memimpin Jakarta saya rasa tidak cukup kalau hanya jujur, bersih, dan sederhana. Kesederhanaan dan keluguan tak akan cukup mengatasi persoalan kota ini yang begitu banyak," kata Nono.

Mantan Komandan Paspampres ini mencontohkan dari kejahatan jalanan hingga terorisme terjadi di Jakarta. "Dulu Bang Yos juga pernah dilempar bom molotov di depan rumahnya. Jakarta itu sarang anarkisme, apa cukup dengan kesederhanaan? Kalau kami diberikan amanah, kami siap," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com