Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Foke-Nara Berpotensi Menang Satu Putaran

Kompas.com - 08/04/2012, 13:16 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara) masih menjadi pasangan terkuat tiga bulan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

Dari enam pasang bakal calon yang diperkirakan maju nanti, nama Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli masih unggul dengan 49,1 persen dalam survei yang dilakukan Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Peneliti Senior dari Citra Komunikasi LSI, Totok Izul Fattah, mengatakan bahwa dengan hasil yang muncul saat ini pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli berpotensi memenangkan Pilkada satu putaran saja.

"Dari hasil survei ini masih ada 17,4 persen yang belum memutuskan. Jika dari angka tersebut berpindah ke pasangan Fauzi-Nara maka satu putaran sudah di tangan," kata Totok, saat jumpa pers di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta, Minggu (8/4/2012).

Setelah pasangan Fauzi-Nara, calon terpopuler berikutnya adalah pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dengan perolehan 14,4 persen. Disusul nama Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini dengan 8,3 persen.

Kemudian, pasangan dari jalur independen yakni Faisal Basri-Biem Benyamin memperoleh 5,8 persen dan mengungguli Alex Noerdin-Nono Sampono yang hanya mendapat 3,9 persen. Sisanya sebesar 1,2 persen yang merupakan juru kunci dipegang oleh Hendardji Supandji-Ahmad Riza Patria.

"Jadi dapat disimpulkan kalau pasangan Fauzi-Nara masih merupakan cagub dan cawagub yang paling didukung," ujar Totok.

Survei ini dilakukan dari 26 Maret-1 April dengan metode Multistage Random Sampling. Hasil ini didapat dengan melakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terhadap 440 responden yang ada di Jakarta.

"Responden ini diambil secara acak dari warga Jakarta yang sudah memiliki hak pilih," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com