Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Negara Tetangga, Balapan Liar Ditindak Tegas

Kompas.com - 14/04/2012, 14:04 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kebrutalan geng motor dan penonton balap liar ditindak tegas oleh polisi. Tetapi tindakan tegas ini bukan di Indonesia, melainkan di Malaysia dan Singapura.

Dalam beberapa kali kunjungan Kompas di Kuala Lumpur dan Singapura, menjumpai polisi membubarkan balapan liar dan menangkap peserta berikut penontonnya. "Penonton juga ditangkap. Karena mereka memberi dukungan bagi perbuatan melanggar hukum ini. Polisi di sini tidak main-main," ujar Arul alias Bro, pemandu wisata.

Ketika itu, Arul mengantar Kompas dan rombongan wartawan Indonesia melintas di kawasan Dataran Merdeka, pusat balapan liar di Kuala Lumpur. Sejumlah pembalap terlihat mulai beraksi dan banyak penonton berkerumun di sana. Tidak lama kemudian patroli polisi menyerbu tempat tersebut.

Situasi serupa terlihat di Singapura. Azis, seorang konsultan keamanan menunjukan lokasi "hitam" tempat preman dan pembalap liar berkumpul di sekitar Tanjong Pagar.

"Kalau kedapatan balap liar dan tertangkap pasti dihukum tiada ampun. Kalau polisi disuap dia kena hukuman lebih berat," kata Azis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com