Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, 2.580.446 Pelajar Indonesia Hadapi UN

Kompas.com - 16/04/2012, 06:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.580.446 siswa tingkat sekolah menengah, Senin (16/4/2012) pagi ini serentak akan mengikuti ujian nasional (UN). UN tahun ini melibatkan sebanyak 296.704 pengawas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), siap menggelar UN yang jujur dan lebih kredibel.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Nuh mengaku belum menerima laporan dugaan kebocoran naskah soal UN. Ia juga mengimbau kepada siswa agar tidak terpengaruh isu bocoran yang bisa mengganggu konsentrasi belajar.

"Kunci utamanya memang ada di percetakan yang terpusat, sehingga dapat dipastikan aman," ujar Nuh saat konferensi pers di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (12/4/2012) lalu.

Nuh menuturkan, kredibilitas UN menjadi hal penting, mengingat hasilnya bakal dijadikan tiket masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Pada 2013, sebanyak 60 persen mahasiswa baru PTN akan diseleksi berdasarkan nilai rapor dan UN. Dari sisi substansi, UN tahun ini memiliki lima macam soal yang berbeda, dengan tingkat kesulitan yang sama. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya mengacak nomor soal.

Siswa yang tidak dapat mengikuti UN utama karena sakit, terkena bencana, atau alasan lain yang dibuktikan dengan surat keterangan yang sah, bisa melakukan UN susulan yang digelar sepekan setelah UN utama. (Yaspen Martinus)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com