Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemeja Kotak Jokowi Juga Dibuat Siswa SMK

Kompas.com - 16/04/2012, 07:15 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Bukan hanya mobil Esemka yang dibuat para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Solo, Jawa Tengah.

Kemeja kotak-kotak khas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Jokowi-Ahok, pun dibuat secara massal oleh para penjahit dari siswa SMK di Kota Bengawan.

Sejak Rabu (11/4/2012) lalu, kemeja kotak-kotak yang diproduksi massal dan dijual untuk dana kampenye Jokowi-Ahok, mulai diproduksi di Solo.

Pembuatan dilakukan oleh warga Solo yang memiliki usaha jahit kecil-kecilan. Satu di antaranya adalah Suparto Arjuna, pemilik Arjuna Taylor, yang ditunjuk Jokowi untuk membuat kemeja kotak-kotak tersebut.

"Saya mulai membuat kemeja kotak-kotak Pak Jokowi sejak Rabu lalu," kata Arjuna saat usaha jahitnya dikunjungi Wali Kota Solo Joko Widodo alias Jokowi, Jumat (13/4/2012) sore.

Saat itu, para karyawan usaha jahit yang terletak di Nayu Barat RT 3 RW 13, Nusukan, Banjarsari tampak sibuk. Suara gemuruh sekitar 30 mesin jahit listrik terdengar sampai seberang jalan.

"Dalam sehari, saya hanya bisa memproduksi sekitar 30 kemeja kotak. Padahal, Pak Jokowi pesan 1.000 potong," imbuh Suparto.

Itupun sempat membuat Suparto kewalaham. Namun, pengerjaan tak dilakukan dengan sistem lembur. Untuk memenuhi target tersebut, ia meminta 30 pekerjanya bekerja dari pagi sampai petang. Biasanya, karyawan hanya bekerja dari pagi sampai sore.

Tak hanya itu, Suparto juga mengerahkan sekitar 10 siswa SMK Jurusan Tata Busana, yang kebetulan praktik magang pendidikan di tempatnya. Para siswa diberi kepercayaan untuk membuat kemeja kotak-kotak tersebut di bawah bimbingan Suparto.

"Para siswa SMK sangat membantu. Sengaja saya libatkan agar tak hanya mobil Esemka, kemeja kotak-kotak juga buatan siswa SMK," tuturnya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com