Foke dan Aksi Acungkan Jari Tengahnya - Kompas.com

Foke dan Aksi Acungkan Jari Tengahnya

Sabrina Asril
Kompas.com - 16/04/2012, 14:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membuat heboh jagat dunia maya lantaran fotonya bersama seorang gadis belia beredar di jejaring sosial. Bukan persoalan foto bersama gadis yang membuat publik terkaget-kaget, tetapi justru aksinya mengacungkan jari tengah di dalam foto itu.

Di foto yang merupakan hasil capture dari sebuah rekaman video itu diambil pada Minggu (15/4/2012)  di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Saat itu Foke menghadiri Bursa Mobil dan Motor Bekas yang merupakan rangkaian perayaan hari ulang tahun harian Poskota. Ketika itu, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, diminta naik ke atas panggung untuk menyerahkan sejumlah hadiah doorprize yang ia sumbangkan dan hadiah kepada pemenang-pemenang lomba.

Di foto itu, Foke tampak berpose bersama seorang gadis belia yang memenangi penghargaan lomba band. Berdasarkan pantauan Kompas.com kemarin, Foke sebenarnya tidak hanya berpose berdua, tetapi juga bersama sekitar empat personel band lainnya. Akan tetapi, sang gadis yang tidak diketahui namanya ini memang tampak mencolok. Pasalnya, dia secara spontan langsung mengacungkan jari tengahnya tepat di samping sang Gubernur.

Melihat itu, Foke yang awalnya sudah siap berpose sambil mengacungkan jempolnya ke depan tampak cukup kaget dan sempat menoleh ke sang gadis. Ia pun tampak terkekeh melihat aksi anak muda itu.

Sejurus kemudian, Foke rupanya tak mau kalah bergaya di atas panggung. Dia pun mengikuti gaya sang gadis sambil mengacungkan jari tengah di hadapan sekitar 100 penonton dan termasuk sejumlah pejabat DKI, seperti Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristobo, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ratiyono, dan pejabat Polda Metro Jaya, seperti Irwasda Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ricardo Hutahuruk dan Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Rikwanto.

Akibat aksi mengacungkan jari tengah itu, sontak sejumlah penonton langsung terkaget-kaget. "Itu beneran, yah, dia kasih jari tengah," ucap salah seorang penonton.

Menanggapi fotonya—tengah mengacungkan jari tengah bersama seorang gadis—yang tersebar di jejaring sosial Twitter, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak dia sadari. Bahkan, orang nomor satu di Jakarta ini mengaku tidak mengetahui arti dari acungan jari tengah tersebut.

Di sejumlah negara, terutama di negara-negara barat, mengacungkan jari tengah--apalagi di tempat umum--bisa diartikan sebagai perbuatan yang tidak senonoh.

 

PenulisSabrina Asril
EditorHertanto Soebijoto