Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS: Foke Memberi Contoh Tak Baik

Kompas.com - 17/04/2012, 07:31 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau akrab disapa Foke dinilai telah memberikan contoh yang tidak baik kepada masyarakat, terutama kepada bawahannya di Pemprov DKI Jakarta dengan mengacungkan jari tengah.

"Ini contoh yang tak baik. Mengacungkan jari tengah adalah gerak tubuh yang dianggap tak sopan di dunia. Jangan sampai para kepala dinas ikut-ikutan acungkan jari tengah lantaran meniru sang gubernur," kata Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Aboe Babar Al Habsy melalui pesan singkat, Selasa (17/4/2012).

Aboe Bakar mengomentari sikap Foke ketika menghadiri Bursa Mobil dan Motor Bekas di Senayan. Ketika itu, Foke, diminta naik ke atas panggung untuk menyerahkan sejumlah hadiah doorprize yang ia sumbangkan dan hadiah kepada pemenang-pemenang lomba.

Foke lalu berpose bersama seorang gadis yang memenangi penghargaan lomba band. Sang gadis secara spontan langsung mengacungkan jari tengahnya tepat di samping sang Gubernur. Foke lalu mengikuti gaya sang gadis.

Aboe Bakar mengkaitkan aksi Foke itu dengan beberapa aksi serupa di dunia. Seorang penyiar stasiun televisi terkenal di Rusia, Tatiana Limanova, dipecat setelah mengacungkan jari tengahnya sesaat setelah menyebutkan nama Presiden AS Barack Obama dalam sebuah siaran berita.

"Masing ingat ketika Ronaldo dikecam habis-habisan ketika dia mengacungkan jari tengah ke supporter Bosnia lantaran menyorotkan sinar laser ke arah dia," kata anggota Komisi III itu.

Aboe Bakar tak mempercayai alasan Foke tak mengerti konotasi dari pengacungan jari tengah itu. "Jujur lah. Repot juga kalau memang kita punya Gubernur yang suka ikut-ikutan. Kalau tipe pimpinan kayak gini, nanti gimana nasib rakyatnya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com