Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Koridor Busway Dibangun "Elevated"

Kompas.com - 17/04/2012, 15:33 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga koridor bus transjakarta yaitu koridor 13, 14, dan 15 direncanakan dibangun elevated atau di jalan layang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono dalam diskusi Harian Kompas soal transportasi di Palmerah Jakarta Selasa (17/4/2012) menjelaskan, tiga koridor baru bus transjakarta yang akan dibangun elevated itu adalah koridor 13 (Blok M - Pondok Kelapa), koridor 14 (Manggarai - Depok), dan koridor 15 (Ciledug - Blok M).

Dalam diskusi Kompas yang dipandu Tulus Abadi itu, Udar Pristono mengatakan, pembangunan tiga koridor bus transjakarta di jalan layang bertujuan agar perjalanan busway tidak menganggu lalu lintas.

Pristono memberi contoh dengan menayangkan video Bus Rapid Transit (BRT) di China. "Sudah ada contohnya pembangunan BRT di jalan layang. Kita bisa mencontohnya dengan membangun yang sama di Jakarta," jelasnya.

Jumlah penumpang bus transjakarta sehari rata-rata 150.000 orang atau sekitar 147 juta setahun. Jumlah ini diperkirakan terus meningkat seiring datangnya 178 bus gandeng baru yang akan beroperasi di semua koridor pada Desember 2012 mendatang.

Pristono juga meminta perhatian soal stasiun BBG untuk bus transjakarta. Jumlah stasiun BBG yang masih terbatas menyebabkan perjalanan bus transjakarta tidak efisien karena harus berputar-putar lebih dahulu ke stasiun BBG.

Kadishub DKI Jakarta menambahkan, persoalan feeder busway dari Bekasi sudah diatasi dan hari Rabu (18/4/2012) besok, feeder busway itu akan beroperasi kembali setelah sebelumnya dihentikan oleh para sopir angkutan umum.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kapolres Bekasi, dan akhirnya angkutan perbatasan ini beroperasi kembali Rabu besok. Ini semua untuk kepentingan masyarakat Bekasi agar dapat menggunakan bus transjakarta langsung dari dekat tempat tinggalnya," jelas Pristono.

Feeder busway di perbatasan yang serupa dengan Bekasi, juga akan disediakan di Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Depok.

Pristono mengajak semua pihak, termasuk media massa, mendukung pengembangan bus transjakarta agar menjadi angkutan massal yang nyaman, aman, dan diandalkan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com