Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beban Puncak Listrik Capai Rekor Tertinggi

Kompas.com - 17/04/2012, 15:44 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem kelistrikan Jawa Madura-Bali atau Jamali pada hari Senin, 16 April 2012  mencatat rekor beban puncak tertinggi sebesar 19.903 megawatt. Angka ini lebih tinggi daripada rencana beban puncak malam itu yang sebesar 19.550 MW.

Demikian dikatakan Manajer Senior Komunikasi Korporat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Bambang Dwiyanto, dalam siaran pers, Selasa (17/4/2012), di Jakarta.

Menurut pantauan PLN Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (P3B JB),  rekor beban puncak tersebut terjadi pada pukul 18.30 WIB. Sebelumnya, beban puncak tertinggi di Jamali terjadi pada November 2011, yakni  sebesar 19.739 MW.

Berdasarkan perkiraan sementara, lonjakan pemakaian listrik masyarakat ini terjadi karena faktor cuaca akhir-akhir ini sangat panas. Hal ini memicu orang untuk menyalakan AC atau alat pendingin lain yang mengonsumsi listrik besar.

Untuk itu para pelanggan PLN diimbau untuk mengurangi pemakaian listrik yang tidak perlu untuk mengerem lonjakan drastis pemakaian listrik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com