Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Tanpa Nasi Akan Libatkan 24.520 Siswa

Kompas.com - 19/04/2012, 21:22 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Program Sehari Tanpa Nasi atau One Day No Rice di Depok, Jawa Barat, akan melibatkan 24.520 siswa. Siswa tersebut berasal dari siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, serta sekolah menengah atas dan sederajat. Mereka bersama Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma'il akan mengonsumsi bersama makanan dari bahan non-nasi dan terigu.

"Acara kami gelar di lapangan tembak Kostrad di Cilodong, Depok, Minggu, 22 April. Mereka kami gerakkan dalam kampanye sehari tanpa nasi. Melalui kampanye ini, siswa akan membawa makanan sendiri selain nasi dan terigu, kemudian dimakan bersama," tutur Nur Mahmudi, Kamis (19/4/2012).

Acara hari Minggu itu berlangsung mulai pukul 08.30. Selain siswa, Nur Mahmudi juga membuka kesempatan bagi unsur masyarakat lain yang ingin ambil bagian. Melalui acara itu, dia berharap dapat mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia.

Program ini bagian dari kampanye agar tidak tergantung pada nasi. Pertimbangannya, selain lahan pertanian semakin menyempit, bahan pangan dari sumber lain juga belum banyak tergali. "Kami namakan program ini sebagai cara cerdas hidup sehat," ujarnya.

Kampanye sehari tanpa nasi di Depok sudah berjalan di lingkungan Balaikota Depok, kemudian menyebar ke semua kantor kecamatan. "Saat ini, kami kampanye di sekolah melalui siswa. Selanjutnya, kami akan mengajak pengusaha makanan untuk ikut mengampanyekan gerakan ini," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com