Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Buang Air Besar, Laila Ujian di RS

Kompas.com - 23/04/2012, 13:40 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Laila Amalia, siswa SMPN 1 Patebon, terpaksa harus mengerjakan soal ujian nasional (UN) di ruang Kenanga RSUD Suwondo, Kendal, Jawa Tengah, Senin (23/4/2012). Laila dirawat sejak tanggal 19 April karena menderita sakit, tidak bisa buang air besar. Saat mengerjakan soal, ia diawasi oleh dua guru pengawas.

Menurut guru SMPN 1 Patebon, Abdullah, sebelum Laila memutuskan untuk mengikuti UN, dirinya sempat memberi dua tawaran, yaitu ikut UN mulai hari ini, atau mengambil ujian susulan. "Tapi dia milih ikut UN pada hari ini," kata Abdullah.

Ismani (50), orang tua Laila Amalia, mengaku kasihan dengan anaknya. Ia mengaku, mengikuti UN pada hari ini adalah pilihan Laila. "Selama di rumah sakit, sebenarnya dia tidak sempat belajar. Tapi kami berdoa, semoga anak saya bisa mengerjakan soal UN dengan baik," harapnya.

Menurut Ismani, Laila Amalia adalah anak kembar. Saudara kembarnya juga sekolah di SMPN 1 Patebon, dan mengikuti ujian di sekolah.

Ketua Panitia UN Kabupaten Kendal, Sih Purwadi, mengatakan, jumlah siswa SMP/MTs yang ambil bagian dalam UN berjumlah 15.027 siswa. Sedang, siswa yang mengerjakan soal UN di rumah sakit, hanya satu yaitu Laila Amalia. "Sisanya ikut UN di sekolah," kata Purwadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com