Rabu, 1 Oktober 2014

News / Megapolitan

Transportasi

Hore... Jakarta Segera Punya MRT

Kamis, 26 April 2012 | 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam beberapa tahun mendatang, warga Jakarta sudah bisa menikmati pelayanan mass rapid transit (MRT) untuk bepergian. Untuk itu, rencananya Gubernur Provinsi DKI Jakarta Fauzi Bowo akan mencanangkan pembangunan proyek MRT tahap I pada Kamis (26/4/2012) ini.

Juru Bicara Pemerintah Provinsi DKI, Cucu Ahmad Kurnia, mengatakan, dengan pencanangan nanti berarti tahap awal pembangunan, yakni melaksanakan pekerjaan persiapan pembangunan MRT sudah resmi bisa dimulai.

"Benar. Nanti rencananya Pak Gubernur akan mencanangkan pembangunan MRT hari ini pukul 14.00," kata Cucu di Balaikota, Jakarta, Kamis.

Pencanangan proyek MRT ini meliputi persiapan pembangunan untuk tahap I koridor Selatan-Utara sepanjang 15,7 km, yaitu dari Lebak Bulus (Jakarta Selatan)-Bundaran HI (Jakarta Pusat). Acaranya sendiri akan diadakan di Stadion Olahraga Lebak Bulus. Adapun pekerjaan persiapan yang langsung bisa dimulai antara lain Pemindahan Terminal Angkutan Umum Lebak Bulus, pemindahan Stadion Olahraga Lebak Bulus, pemindahan utilitas, pelebaran Jalan Fatmawati, dan pembangunan kantor proyek.

"Ini merupakan langkah serius sekaligus strategis dari Pemprov DKI dalam membenahi persoalan transportasi di Ibu Kota," ujar Cucu.

Nantinya MRT akan menjadi moda transportasi andalan dan tulang punggung pembenahan transportasi di Jakarta. Masyarakat juga memiliki pilihan untuk moda transportasi massal.

Meski persiapan pembangunan sudah diresmikan saat ini, pekerjaan fisiknya baru akan dimulai pada Januari 2013. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir karena proyek MRT tahap I ini sudah siap baik dari aspek pembiayaan, Amdal, maupun aspek teknis lainnya.

"Harapannya 2016 MRT benar akan beroperasi di Jakarta," kata Cucu.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Hertanto Soebijoto