Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke : Unjuk Rasa, Jangan Rusak Fasilitas Umum

Kompas.com - 30/04/2012, 17:16 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Buruh Internasional atau May Day pada Selasa (1/5/2012), Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa dirinya tidak melarang adanya aksi unjuk rasa esok hari. Mengingat unjuk rasa merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan aspirasinya.

"Unjuk rasa itu sah saja selama tidak rusuh, tidak anarkis, dan tidak merusak fasos fasum (fasilitas sosial dan fasilitas umum)," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balai Kota, Jakarta, Senin (30/4/2012).

"Fasos fasum ini dibuat dengan uang rakyat juga. Jadi jangan dirusak apalagi sampai merugikan orang lain," kata Foke.

Untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan, dia mengaku telah melakukan kontak eksklusif secara rutin dengan Kapolda dan Wakapolda. Tidak hanya itu, dia juga menginstruksikan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk ikut turun menjaga keamanan esok hari.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolda dan Wakapolda untuk melakukan imbauan yang sama agar tidak ada unjuk rasa yang anarkis," kata Foke.

Selanjutnya, dia juga telah menghubungi kantong-kantong buruh di Jakarta terkait aksi unjuk rasa pada hari buruh besok. Para buruh ini, katanya, hanya akan mengirimkan perwakilan buruh mengingat para komunitas buruh ini juga akan menggelar acara di tempatnya masing-masing.

"Yang terpenting harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak ada tindakan yang anarkis," kata Foke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com