Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Buruh, 1.500 Buruh Tanam Pohon

Kompas.com - 30/04/2012, 22:42 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com -- Memperingati Hari Buruh Internasional, Senin (1/5/2012), organisasi buruh di Depok, Jawa Barat, menggelar kegiatan yang beragam. Sebagian akan berunjuk rasa bersama kelompok buruh di Jakarta. Kelompok yang lain melakukan penghijauan di kawasan Studio Alam, Jalan Raden Saleh, Kota Depok.

"Dua kegiatan ini, kami kawal dan kami layani mereka karena itu hak buruh. Namun kami mengharap tidak melakukan tindakan anarkis dan tidak membawa atribut yang bukan untuk demonstrasi," tutur Kepala Bagian Operasi Polres Kota Depok Komisaris Suratno, Senin (30/4/2012) di Depok.

Forum buruh PT Panasonic melaporkan akan mengerahkan 1.500 buruh menanam pohon di Studio Alam. Acara ini rencananya dihadiri Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma'il.

Mereka berangkat dari pabrik PT Panasonic pukul 09.00 WIB di Jalan Raya Bogor. Petugas Polres Kota Depok akan mengawal pergerakan mereka sejak di pabrik sampai ke lokasi penghijauan.

Kelompok lain, sekitar 500 buruh dari Federasi Pekerja Metal Indonesia akan bergerak ke Jakarta. Mereka akan berangkat dari Jalan Juanda sekitar pukul 10.00 WIB untuk bergabung dengan kelompok lain di Jakarta. "Kami aka mengawal mereka sejak berangkat, di Jakarta, sampai kembali ke Depok. Pengawalan kami lakukan agar kami dapat dengan mudah melakukan koordinasi," kata Suratno.

Ia mengingatkan agar seluruh elemen yang bergerak ke Jakarta pada peringatan Hari Buruh Internasional membawa atribut Depok. Dengan demikian, ketika di Jakarta mereka mudah diidentifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com