Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

A380 SQ Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 04/05/2012, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat super jumbo Airbus A380 registrasi 9V SKC milik maskapai penerbangan Singapore Airlines mendarat darurat di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (4/5/2012), pukul 15.38 WIB. Pesawat tersebut mendarat dan diarahkan ke remote area, dekat hanggar milik maskapai Batavia Air.

Pesawat yang terbang dari Sydney menuju Singapura tersebut, menurut keterangan Corporate Secretary Angkasa Pura II Harry Cahyono, terpaksa mendarat di Bandara Soekarno-Hatta karena ada salah satu penumpang yang sakit.

Menurut ketentuan penerbangan internasional, jika ada penumpang pesawat yang sakit dan memerlukan pertolongan medis segera, pesawat harus mendarat di bandara terdekat. Pada saat itu pesawat A380 membawa 280 penumpang.

Proses evakuasi, tutur Harry, berjalan dengan lancar. Pesawat juga sempat refueling avtur di Soekarno-Hatta. Setelah dua jam,  Captain Pilot Sie Tuck Kay selanjutnya menerbangkan pesawat dengan nomor penerbangan SQ232 tersebut menuju Singapura.

Pendaratan pesawat  A380 ini merupakan yang pertama kali di Bandara Soekarno-Hatta. Dengan pendaratan ini membuktikan bahwa bandara tersebut juga bisa didarati A380 walaupun untuk pendaratan darurat.

Jika ingin secara reguler didarati pesawat super besar tersebut, pihak pengelola bandara harus mempersiapkan banyak hal. Misalnya garbarata dua tingkat, perluasan apron dan perluasan terminal. Bahkan di beberapa bandara, seperti di Changi, Singapura dan Kuala Lumpur Internasional Airport, pengelola membuatkan area khusus untuk pendaratan A380. (Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com