Rabu, 30 Juli 2014

News / Megapolitan

Foke Klaim Penduduk Miskin Jakarta Sedikit

Jumat, 11 Mei 2012 | 05:10 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menilai bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil menurunkan angka kemiskinan. Saat ini, jumlah orang miskin tercatat hanya 3,6 persen dari penduduk Ibu Kota dan masih lebih rendah jika dibandingkan rata-rata penduduk miskin tingkat nasional yang mencapai 12 persen.

"Yang miskin juga masih ada. Tapi jumlahnya paling kecil di Indonesia, cuma 3,6 persen. Rata-rata nasional sampai 12 persen," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balaikota Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Tanpa ragu, ia juga membandingkan angka kemiskinan di Jakarta dengan daerah asal lawan politiknya. Seperti Sumatera Selatan, ia mengungkapkan bahwa angka penduduk miskinnya mencapai 13,95 persen dari jumlah penduduk sebanyak 1.074.807 orang. Sementara di Solo, jumlah penduduk miskin juga meningkat dari 10 persen menjadi 14 persen.

"Provinsi yang gubernurnya mau jadi gubernur di Jakarta, sekarang berapa angka kemiskinannya? Kemudian dengan wali kota yang juga mau jadi gubernur, angka penduduk miskinnya juga masih tinggi. Kalau Jakarta, kan sudah ada buktinya. Bukan cuma pengin aja," kata Foke.

Tidak hanya itu, ia juga mengklaim kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jakarta cukup baik dengan bukti dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jakarta yang lebih tinggi dibandingkan indeks rata-rata nasional. Bahkan untuk segi pendapatan penduduk per kapita, Jakarta dikabarkan menembus angka 10.000 dollar Amerika per tahun tiap penduduk.

"Target 2015 dapat tembus 15.000 dollar Amerika. Ini tantangan yang besar, 2015 tidak jauh dari sekarang. Jadi, jangan melupakan tantangan ke depan yang semakin besar," ujarnya.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Laksono Hari W