Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Rusia Mendarat di Halim

Kompas.com - 12/05/2012, 11:25 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim evakuasi gabungan mendapatkan tenaga baru. Sebuah pesawat milik Rusia jenis Ilyushin IL-76 tiba di lapangan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (12/5/2012).

"Tiba di Halim pukul 09.00 WIB, di dalamnya ada satu helikopter yang bisa dibongkar, dua mobil dan 41 orang," ujar salah seorang anggota TNI yang bertugas di lapangan.

Sebanyak 41 personel Satuan Tugas (Satgas) tersebut berasal dari Kementerian Situasi Darurat Republik Russia (Ministry of Emergency Situation of Russia).

Berdasarkan rilis dari Kadispen AU sebelumnya, pesawat tersebut berangkat dari Rusia dan sempat transit di New Delhi, India. Pesawat semula direncanakan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 03.00 Wib, namun keberangkatan dari India terhalang cuaca yang kurang baik. "Nggak tahu berangkat jam berapa tapi lagi turunin barang di hanggar bagian selatan," lanjut petugas.

Beberapa saat sebelumnya, sebanyak empat kantong jenazah tiba di Halim Perdanakusuma dengan menggunakan helikopter milik TNI AU. Helikopter pertama datang sekitar pukul 07.35 WIB dan kedua pukul 08.20 WIB. Kantong tersebut masing-masing dibawa oleh empat orang dengan memegang ujung kantong jenazah tersebut menuju dua ambulans yang telah berjaga dan menuju Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com