Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Masih Mencari Kotak Hitam

Kompas.com - 12/05/2012, 21:35 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Komandan Korem 061/Suryakancana Kolonel Infanteri AM Putranto mengatakan, saat ini kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 masih dalam pencarian. "Hingga hari ini kotak hitam masih dalam upaya pencarian tim. Kami berusaha agar kotak tersebut segera ditemukan," kata Putranto di Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Sabtu (12/5/2012).

Operasi hari ini, lanjut Danrem, difokuskan pada evakuasi jenazah yang sudah ditemukan. Ada dua kegiatan evakuasi yang dilakukan pada hari Sabtu, yakni jalur darat dan jalur udara. Pada hari ketiga operasi pencarian korban, Tim SAR mendapat tambahan anggota dari tim Climber Kopassus dan Federasi Panjat Tebing Indonesia. "Tim hari ini cukup terbantu dengan hadirnya tim climber bersertifikasi internasional," kata Putranto.

Danrem memaparkan, proses evakuasi cukup ekstrem karena saat ini tim sudah bergerak ke lembah tempat pesawat jatuh. Posisi lokasi berada di ketinggian 2.000 sampai 2.066 mdpl. Dari ketinggian tersebut tim harus menuruni lembah sedalam 500 meter dengan kemiringan 85 derajat. "Medan memang cukup sulit, tim harus bergelantungan dengan tali dan akar-akar untuk mencapai lembah," kata Putranto.

Memasuki hari ketiga, tim SAR gabungan sudah mengevakuasi 15 kantong jenazah, dan 13 kantong di antaranya berisikan potongan jenazah dan dua kantong berisi material, seperti identitas diri, KTP, SIM, tas, dompet, dan serpihan puing pesawat.

Menurut Danrem, evakuasi pada hari ketiga tim SAR mendapat dukungan cuaca yang cukup bagus sehingga proses berlangsung cukup signifikan. "Alhamdulillah, cuaca hari ini cukup mendukung sehingga upaya pencarian berjalan lancar," kata Putranto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com